are you in your comfort zone?

Comfort zone atau zona nyaman, kosakata yang sering banget kita dengar dan mungkin tanpa sadar membawa kosakata tersebut dalam pembicaraan kita sehari-hari. Apa sih comfort zone itu? Intinya sih, comfort zone itu merupakan suatu tahap dalam kehidupan yang kita jalani tanpa rasa kecemasan atau kekhawatiran yang berlebihan dan biasanya tidak banyak terlalu banyak menghadapi resiko. Ini sih definisi versi saya lho ya..Kalo mau lebih lengkapnya, monggo di-googling šŸ˜€

Hmm..jujur saja saat ini saya memang sedang berada dalam zona nyaman. Entah sampai kapan, tidak ada yang tau. Perubahan itu terjadi kapan saja, bahkan tiap detik bukan? Lalu, apakah anda termasuk orang yang betah berlama-lama di dalam sana? Namanya juga zona nyaman, apa-apa yang terjadi di dalam sana pasti membuat anda enggan untuk beranjak. Tapi tak jarang pula terbersit rasa takut bahwa berlama-lama di sana akan membuat diri ini tidak berkembang, tidak tertantang sehingga tidak mengalami pencapaian-pencapaian yang lebih tinggi lagi dari waktu ke waktu.

comfort_zone

Dalam waktu dekat atau jauh, pilihan untuk meninggalkan zona nyaman atau tidak pasti datang. Saya kadang bertanya-tanya, siapkah saya? Dengan segala kenyamanan ini, apa saya berani meninggalkannya? Butuh keberanian memang, karena di luar sana begitu banyak tantangan dan resiko yang tidak temui sebelumnya di sini. Keluar dari zona nyaman untuk kehidupan yang lebih baik, apa sudah pasti lebih baik? Semua itu sudah tentu kembali kepada diri sendiri. Bagaimana membuat sesuatu yang baru itu menjadi sesuatu yang lebih baik, lebih bermanfaat, tentu saja dengan usaha yang lebih. Toh Yang Diatas sudah memberikan kita begitu banyak kemampuan yang bakal karatan kalau tidak digunakan dengan optimal.

Untuk saat ini sih, saya baru menikmati zona nyaman saya, mumpung masih bisa merasakan :D. Namun, jika pilihan itu datang, saya siap. Siap untuk memilih dan mempertimbangkan plus minusnya antara meninggalkan zona nyaman saya atau membuat zona nyaman yang baru sehingga dengan sendirinya zona tersebut akan semakin luas bukan?

gambar ngambil entah dari manah.. šŸ˜†

30 thoughts on “are you in your comfort zone?

  1. lebih baik keluar dari comfort zone yang sekarang untuk mencari comfort zone yang lebih baik karena pilihan sendiri, bukan karena nasib atau waktu yang tiba2 memilihkan dan merenggut semuanya dengan paksa…

  2. iya, dan kesempatan untuk keluar dari comfort zone itu terbuka setiap saat. Walaupun kesempatan yang sama belum tentu dateng dua kali.

    Well , sama kaya @chika, seengganya aku belom bisa keluar dari zona nyaman saya.

  3. Aku dah keluar lama dari comfort zone, dan berada di zone yang sama sekali gak comfort, tapi penuh tantangan. Dan itu menyenangkan šŸ™‚

  4. @goenrock: err..iya lah..untuk meninggalkan zona nyaman itu gak gampang tho, banyak pertimbangan, salah satunya ya itu..
    @cK: gyahahaha..it’s ok though šŸ™‚
    @fahmi: nah itu, makanya ndak salah juga kok menikmati zona nyaman itu sendiri, bisa jadi lama2 kenyamanan itu perlahan2 surut, saat itu mungkin kita berkeinginan mencari zona nyaman yg baru.. *halah mbulet ae* šŸ˜†
    @mas bambam: err…saya masih merasa ini yang terbaik dari yang ada šŸ˜€
    @suprie: pilihan yang lain itu mungkin belum ada yang menurutmu senyaman ini, suatu saat pilihan itu pasti datang šŸ˜€
    @silly: woow! Mencoba membuat zona nyaman yang baru ya mbak? tantangan itu slalu mengasyikkan kok hehehe..

  5. meninggalkan comfort zone itu tidak harus berarti meninggalkan institusi yang sudah membesarkan kita. meninggalkan comfort zone itu bisa berarti berani mengambil tantangan lebih, tanggung jawab lebih, dan melakukan hal-hal yang belum bisa kita lakukan sebelumnya (walaupun masih dalam institusi yang sama).
    kalo buat saya pribadi, comfort zone itu adalah suatu keadaan dimana kita hanya mau melakukan apa yang kita SUDAH BISA dan tidak berani melakukan apa yang kita BELUM BISA..
    sekian komentar dari saya..hehehe…

  6. nope… pernah di comfort zone, tapi gue selalu nyari tantangan baru.. dan Alhamdulillah di tempat gue bekerja sekarang ini selalu ada tantangan baru…

    gue pingin nulis ttg ini belum sempet2 juga nih..
    klo menurut Peter Senge, konseptor Learning Organization, salah satu disiplin yang mutlak dimiliki individu dalam Learning Organization adalah Personal Mastery, dimana individu selalu menjaga gap antara current situation dengan visi ideal yang diinginkan.. jadi visi diperdalam terus menerus, sehingga kita selalu belajar dan belajar..

  7. @Obi-Wan: mangkanya tambah makmur ya ki.. šŸ˜†
    @cynthinks: ayoo semangaat..pasti bisa šŸ˜€
    @tukangkopi: yak seratus buat yudhis..itu juga bener banget..diberi tanggung jawab yang lebih, otomatis mengusik sedikit zona nyaman kita, karena hal yang baru itu akan membuat kita merasa rikuh, bingung, ga nyaman, setelah melewati itu, rasanya pasti lega sekali šŸ˜€
    @takodok: brarti dirimu mungkin masih belum berada di zona nyaman, masi banyak tantangan dan resiko yg membuatmu tertatih2 kan? Hehehe..tetep smangat yaah..:)

  8. @rinella: seperti memperbarui terus target2 kita ya? šŸ˜€ komenmu mencerahkan šŸ˜€
    @rara: suatu saat nanti, jika diperlukan, pasti berani Mbak šŸ˜€

  9. nyaman atau tidaknya suatu “zone” tergantung dari cara pandang kita, karena segala sesuatu pasti ada sisi baik buruk-nya.
    Tapi yang namanya manusia ndak akan pernah puas dengan apa yang didapat.

  10. definitely sulit untuk keluar dari comfort zone tapi memang cara kita mengembangkan diri ini beda-beda. yang penting kenali diri kita dulu, sejauh mana kita bisa bertahan untuk tetap diam atau maju bergerak.

  11. @aad: setuju! šŸ˜€
    @christin: betul, semua itu tergantung kita kok, mana yang nyaman aja šŸ˜€
    @arya: lha kalo serius emang musti ada apa-apa? piye sih? šŸ˜†
    @niken: hihihihi…

  12. saya sekarang juga sedang berada dalam zona yang sangat aman. tentu juga nyaman. dulu saya merasa kalau hidup saya iselalu terjadwal, dan itu sangat membuat stress… hingga akhirnya saya temukan pola yang tepat šŸ™‚

  13. Kata Pak Mario Teguh, kemapanan itu lawan dari kemajuan..

    But trust me, selama masih di zona itu, siapkan bekal agar saat meninggalkannya (secara sukarela atau terpaksa), kita sudah siap untuk membuat zona nyaman kita sendiri..

    *curhat*
    *pengalaman pribadi*
    *semakin meracau*

Leave a Reply

