Gila Belanja Yang Gak Bikin Gila

shoppingladies

 

Ada gak temen-temen di sini yang gak doyan belanja?

Oke, oke saya tau… Itu barusan adalah pertanyaan retoris, yang rasanya gak perlu di jawab.

Saya yakin banget, hasrat belanja itu udah mengalir dari sononya dalam urat nadi setiap perempuan. Belanja di sini bukan berarti hanya barang-barang fashion lho. Apapun jenis barang yang membuat seorang wanita bahagia *halah* pasti akan dibeli tanpa ragu-ragu.

Belanja menurut saya bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan suatu barang, tapi terkadang didasari oleh keinginan untuk memiliki barang baru. Baju baru, celana baru, daleman baru, sepatu baru, sandal baru, tas baru, jepit rambut baru, gelang baru, dompet baru, tumbler baru, tempat bekal baru, you name it! Sensasi yang didapat saat memiliki barang baru iu menyenangkan sekali, malah terkadang membuat semangat. Hayo, bener gak? Perempuan itu hasrat untuk berbaginya juga tinggi lho, jadi seringkali mereka berbelanja untuk orang-orang tersayangnya. Dan tidak lupa, buat diri sendiri gak ketinggalan, biar punya barang baru juga gitu.. :))

Satu hal yang sangat mempengaruhi keinginan berbelanja tentu saja kondisi dompet. Dan biasanya kondisi dompet tergantung tanggal. Harga murah atau mahal itu relatif juga, tergantung tanggal berapa kita belanja. Kalau tanggal muda, ya jelas semua barang (yang harganya sesuai dengan penghasilan kita lho ya) itu terasa murah, atau “biasa aja ah..gak mahal.. ambil aja..mumpung ada duitnya”. Nah kalo tanggal tua, sudah tentu kebalikannya kan? Semuanyaaaa berasa mahal.. hmmm… Been there, right?

Nah, sebagai smart woman, gak mau dong hidup kita tersiksa gara-gara kebanyakan belanja atau kekurangan belanja. Hey, belanja itu perlu banget loh! Memberi penghargaan buat diri sendiri itu penting, ya kan? Kalau urusan atur-mengatur penghasilan, saya percayakan ke diri kalian masing-masing. Kita sendiri yang mengerti kebutuhan dan keinginan, dan tentu saja kemampuan financial masing-masing.

Kalau saya setiap bulannya sudah menganggarkan sekian persen untuk memenuhi keinginan belanja. Keinginan lho ya, bukan kebutuhan. Kalau kebutuhan biasanya bersifat rutin sehingga anggarannya sudah bias diperkirakan. Dan setiap bulan juga, saya harus memaksakan diri untuk disiplin mematuhi anggaran tersebut. Jangan nyolek-nyolek anggaran tabungan. Itu haram hukumnya. Tabungan itu untuk kebutuhan yang sangat urgent seperti tas baru. Eh map salah, tapi sepatu baru *digaplok* Duuuuh…iya iya, maap salah lagi, maksudnya kebutuhan darurat yang masing-masing individu mungkin berbeda-beda. Yang penting di sini adalah disiplin. Bersenang-senang dengan berbelanja sangat diperbolehkan asalkan kita disiplin. Tau kemampuan dan kebutuhan diri sendiri.

So, siapa di sini yang tiap akhir bulan jejeritan musti ngirit sana sini karena kondisi dompet kering kerontang? Semoga saja gak banyak ya? *ngikik*

 

 

Advertisements

11 thoughts on “Gila Belanja Yang Gak Bikin Gila

  1. Kalo ngeliat di jakarta, budaya dan gaya hidup tinggi, kebiasaan belanja dah lumrah kali ya, hehehehe, tapi beli yang kita perlu dan memprioritaskan apa yang kita butuhkan untuk dibelanjakan itu baru yang benar

  2. oleh karena itulah orang bijak ngajari kita untuk tertib bikin daftar belanjaan sebelum keluar rumah. dg harapan pengeluarannya akan jadi lebih terkontrol, dan nggak gampang lapar mata di luar sana.

  3. huh, 1 tulisan ditaro di 2 tempat. :))

    komen saya sama, menunggu Dilla yg menyayangi temannya yg satu ini utk menciprati temannya ini dengan hadiah.

  4. @Pitra: ini lagi nyobain crossposting kok weeee.. 😛
    @raffael: secara teori mungkin gampang ya. Tapi kenyataannya susah lho, makanya musti disiplin itu tadi.
    @efahmi: err..daftar belanjaan cukup diingat2 aja mi.. 😆

  5. kalo saya kadang bukan blanja yang bikin kantong kering, tapi makan di luar! dikit sih, tapi kalo dilakukan tiap hari sambil bawa keluarga ya tekor juga akhirnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s