Bones TV Series

david-boreanaz-bones-tv-series-season-5-promo-posters-mq-05

Serial Bones ini menceritakan tentang kasus-kasus criminal yang melibatkan tengkorak dan tulang manusia sebagai objeknya, atau bahkan pemeran utamanya. Tanpa adanya jasad manusia yang sudah tinggal tulang, sebagai ‘tokoh’ utamanya, maka si pemeran utama lainnya Dr. Temperance Brennan (Emily Deschanel) dan Agent FBI Seeley Booth (David Boreanaz) gak akan dipanggil untuk menyelesaikan kasus ini.

Dr. Brennan ini merupakan seorang Forensic Anthropologist di Institut Jeffersonian Washington D.C. Selain itu dia juga penulis novel best seller bertema criminal. Dengan keahliannya, dia bertugas sebagai profiler jasad manusia yang sudah tidak bisa diidentifikasi melainkan hanya dari tengkoraknya dan kerangka tulang lainnya. Jasad yang ditemukan biasanya selalu tidak terduga seperti di atas pohon, di dalam tembok, di tengah sungai di dalam peti, atau bahkan di dalam kulkas!

Menarik sekali bahwa dirinya dari kejauhan, hanya memandang tengkorak atau kerangka manusia dia dapat mendeskripsikan korbannya, walau masih secara umum seperti jenis kelamin, usia, ras, dsb. Proses selanjutnya kerangka manusia tersebut dibawa ke laboratorium Jeffersonian untuk dianalisa lebih lanjut untuk mengetahui identitas korban dan meninggal dengan cara apa. Jika dibunuh, dengan cara apa, pakai senjata apa, semua dianalisa berdasarkan kerangka yang tersisa.

Pemeran utama lainnya, Seeley Booth, adalah seorang agen FBI, dan setiap mendapat kasus, selalu saja berhubungan dengan tengkorak atau jasad manusia yang tinggal kerangka. Oleh karena itu dirinya selalu membutuhkan Brennan, dan dirinya berperan sebagai FBI yang membawa surat penangkapan dan menangkap penjahatnya. πŸ˜€

Dr. Brennan tidak sendirian bekerja di dalam lab canggihnya. Dia punya satu team yang merupakan ahli di bidangnya masing-masing. Dr. Saroyan (Tamara Taylor) sebagai pimpinan Lab Jeffersonian, adalah seorang coroner, yang bertugas untukmelakukan pemeriksaan forensik. Asisten Dr. Brennan, yang jago banget urusan tulang dan karakternya agak nerdy, namanya Zack Addy (Eric Millegan). Masih muda, tapi pinter banget!. Ada lagi Jack Hodgins (T.J Thyne), ahli urusan serangga dan teman-temannya. Tugas dia adalah meneliti serangga atau makhluk hidup apa aja yang ada pada jasad, menaksir umur serangga tersebut sehingga waktu kematian bisa diprediksikan. Keren yak! He’s really good at insects, spores and minerals :D. Selain itu dia juga meneliti residu apa aja yang ada di jasad, untuk cari tahu seperti apa senjata pembunuhnya atau dimana korban dibunuh.

Dan yang gak kalah pentingnya, mencari tahu bagaimana wajah asli dari korban. Sudah dijelaskan, jasad yang ditemukan berupa tengkorak yang sudah tidak bisa diidentifikasi. Jadi Miss Angela Montenegro (Michaela Conlin) nan cantik dan modis ini ceritanya adalah jagonya computer graphis. Jago bikin sketsa dari tengkorak yang ada, jadi memprediksikan bagaimana wajah korban aslinya. Gilak, itu kan susah banget! Selain itu, dengan bantuan program di komputernya, dia melakukan sensor pada titik tertentu tiap tengkorak, lalu mengolahnya di computer,dan voila! Wajah asli sang korban pun terpampang dengan bentuk 3 dimensi. Berdasarkan analisa teman-temannya, dia juga bisa merekontruksi kejadian tentu saja dengan keahlian komputernya itu dengan tampilan tiga dimensi.

Walaupun bertema criminal, tapi film ini gak terkesan terlalu serius seperti CSI misalnya. Karakter Dr. Brennan di sini adalah seorang yang sangat brilian namun agak sosiophat, dia agak sulit untuk bersosialisai secara wajar dengan orang-orang sekitarnya. Maaf kalau definisinya gak pas. Brennan itu kaku, gak luwes, suka salah ngomong atau salah respon terhadap kejadian yang menimpa orang-orang. Satu-satunya keahlian dia adalah berurusan dengan orang mati. Ilmuwan yang sepertinya tidak percaya bahwa Tuhan itu ada, agak ekstrim memang. Tapi di Amerika sana sepertinya banyak yang begitu bukan? πŸ˜€

Sedangkan rekannya, Seeley Booth, merupakan kebalikan dari Brennan. Orang yang luwes dalam bergaul, tahu bagaimana bersosialisasi dengan orang-orang. Penganut agama yang taat, serta sayang sekali dengan keluarga. That makes them so perfect! Yang menarik dari serial ini adalah chemistry antara Brennan dan Booth, yang walaupun mereka sangat berbeda, justru di situlah mereka saling melengkapi.

Saya paling suka nonton serial yang melibatkan suatu team di dalamnya. Karena tidak akan terasa membosankan. The squints, begitu panggilan team Lab Dr.Brennan saat bekerja sama memecahkan suatu kasus dapat menyihir penonton dengan kemampuan mereka yang keren-keren! Kalau saya sih gak pernah bosan nontonnya. Sekarang sudah sampai season 5, dan pasti akan hunting dvdnya untuk koleksi! πŸ˜€

Advertisements

11 thoughts on “Bones TV Series

  1. aku gak punya tv kabel, dulu waktu di Balikpapan karena kakak punya tv kabel akhirnya sempet lihat beberapa minggu … sekarang rinduuu … hiks … suka banget serial ini, berantemnya mereka, chemistry2nya … huhuhu

  2. Err.. sejauh yang sudah Dilla nonton: 1] apakah ada mayat2 yang ternyata bukan korban pembunuhan? 2] Apakah ada diantara korban pembunuhan yang pembunuhnya lalu gak ketangkep? (atau itu dah diluar cerita ya?) πŸ˜›
    Jaman sekarang makin susah jadi pembunuh… πŸ™„

  3. @jensen99:
    1. kayanya ada yang bukan pembunuhan deh, tapi dikiiiitt…terjebak di suatu tempat tapi gak bisa keluar akhirnya sampe tinggal kerangka.. Diluar itu hampir semua pembunuhan.
    2. semua ketangkep. Kalaupun ada, dilanjutin di episode selanjutnya, alias bersambung gitu, biasanya serial killer.
    Begitulah kira2 mas πŸ˜€

  4. Kalau langganan TV Berbayar seperti Inovision maka Starworld menyediakan banyak film seri yang bagus bagus, salah satunya adalah Bones (i ilke this serial :))

    Salam kenal ya

  5. Sip bro emang menghibur banget serial itu n selain bones sy jg suka nonton serial NCIS yg khusus ngurusin kejahatan AL amerika
    Salam dari papua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s