Cerita Batik

Hari gini masih ada gak sih yang gak punya batik? Maksudnya baju bermotif batik dan ย gak mesti batik tulis yang harganya gak bisa dibilang murah itu loh ๐Ÿ˜€ Rasanya tiap orang minimal punya satu lah baju batik di lemarinya, bener gak? ๐Ÿ˜‰ Tahun lalu, waktu pertama kali dicanangkan hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober, kerasa banget euphoria masyarakat yang heboh mau pake batik di tanggal itu. Apalagi Presiden menghimbau masyarakat untuk turut berpartisipasi memeriahkan hari Batik dengan memakai batik pada hari itu.

Ehm, jujur saja wahai kaliyan para wanita, pada heboh ikutan belanja batik baru gaaak? Soalnya daku iya ๐Ÿ˜† Ya soalnya pada waktu itu emang gak punya batik yang pantes untuk dipakai ke kantor siiiih *ahlesyan yang gak dibuat-buat*. Nah, sejak saat itu, saya mulai terbiasa juga pakai batik ke kantor. Kalau jalan-jalan, liat batik yang bagus, bawaanya jadi kepengen. Biasanya, kalau ke kondangan doang pake batik, sekarang nambah deh alasan buat beli ๐Ÿ˜›

Masih dalam rangka hari batik, karena kemarin 2 Oktober jatuh di hari Sabtu, saya gak pake batik yang cantik-cantik karena hari itu gak pergi kemana-mana, lha mau pamer sama siapa? *plakk* ๐Ÿ˜† Tapiiiiiโ€ฆ.tetep dong di rumah pakai batikโ€ฆโ€ฆdaster tapinya..hihihihiโ€ฆ

Makin hari, model-model baju yang motifnya batik makin variatif dan lucu-lucu! Liat aja di mall-mall sekarang, ya kan? Jadi pengen punya semua kan? Hihihiโ€ฆ Sekarang sih udah banyak ya yang jual batik Pekalongan, batik Solo, batik Jogja, batik Cirebon dan macem-macem batik khas dari daerah tertentu di Indonesia.

Uniknya batik saat ini, bisa dibuat untuk model resmi ataupun santai. Jadilah itu pengusaha baju batik makin menjamur. Karena sekarang pasarnya juga makin berkembang sih ya. Seneng kalau warisan budaya Indonesia makin dikenal luas dan makin dicintai oleh masyarakatnya itu sendiri. Jadi fans nomor satunya Batik, sangat membantu melestarikan budaya Indonesia yang sangat berharga ini bukan? Yang ngakunya cinta banget sama batik, ada website baru yang menarik nih, batikcintaku.com yang ternyata baru di-launch kemarin tanggal 2 Oktober bertepatan dengan hari Batik Nasional. Banyak info menarik mengenai batik serta tips perawatannya lho ๐Ÿ˜€

Baju bermotif batik udah punya banyak, tapi batik tulis belum punya nih, ada yang mao beliin? Hihihi.. Pernah denger kalau batik tulis asli, kalau dicuci suka luntur, mungkin karena malam atau tinta yang dipakai untuk melukis batik itu ya. Karena harganya juga gak bisa dibilang murah, perawatan batik tulis juga musti ati-ati ya. Gak bisa sembarangan nyuci. Ada yang nyaranin kalau jangan pake deterjen karena malah bikin rusak, sebaiknya pakai sampo atau sabun mandi. Wah kalau salah-salah cuci bisa berabe ya? Kasian batiknya kalau rusak, dan kasian kitanya juga sih ๐Ÿ˜†

Saya inget waktu nikah dulu, saya pakai kain batik tulis yang cuantik banget untuk bawahan kebayanya. Di kainnya itu ada tambahan โ€˜prodhoโ€™ alias prada alias tinta yang emas-emas gitu deh, jadi kainnya lengket-lengket gitu kalau dilipet. Nah itu kan susah banget nyucinya! Nanti kalau warnanya pudar kan sayang ya. Takut rusak karena selembar kainnya aja harganya wuihhhโ€ฆga sanggup deh.. Gak kuat bayar orang yang ngelukis di sepanjang batiknya ๐Ÿ˜†

Kalau secara tradisional sih katanya nyuci batik tulis itu pakai โ€˜lerakโ€™. Di toko batik biasanya jual, tapi ya gak terlalu banyak di mana-mana. Info menarik nih, ternyata ada produk baru keluaran Attack, yaitu Attack Batik cleaner ,detergent berbentuk liquid yang dibuat khusus untuk mencuci batik. Karena bahan pembuatnya alami, jadi lembut dan aman buat batik tulis kesayangan. Kita pun gak perlu khawatir karena warna batiknya pun nggak gampang pudar. Gak usah kuatir susah nyari produk yang warna botolnya pink bermotif batik cantik ini karena udah tersedia di supermarket di sekitar kamu ๐Ÿ˜€

Jadi, kapan mau nambah koleksi batikmu? Yuk, shopping! ๐Ÿ˜€

Advertisements

Cerita Bumil #2: Udah Mulai Buncit! :D

Ehem…bentar bentar…kapan ya terakhir saya posting? kayanya banyak bener nih sarang laba-labanya di sini ๐Ÿ˜† Iyeee….udah dua bulan gak apdet-apdet… hihihi… biarin, daku percaya, masih ada pastinya yang lebih malas apdet ketimbang daku *dirajam* ๐Ÿ˜†


Anyway, ada yang pengen tau kabar daku? Nggak ada??? *keplak semuah* ๐Ÿ˜† ย Daku Alhamdulilllaaah baik-baik semuanya. Usia kehamilanku udah masuk trimester kedua, kira-kira sekitar 4,5 bulan, mau 5 bulan deh. Daku senang, karena susu hamilnya udah ganti ke yang untuk ibu hamil usia 5 bulan ke atas, karena susunya itu ada rasa moccanya! Itu enak banget! Soalnya susu yang sebelumnya cuma rasa coklat sama vanila doang. ย Err..okay, sepertinya informasi ini kurang penting ya? ๐Ÿ˜† Oia, perut udah keliatan membuncit *kalo pake baju ketat*, walaupun hampir semua bilang: Kok gak keliatan sih?? oh iya, mungkin karena kamunya kecil ya..dsb..dsb..

Badan juga udah gak lemes-lemes lagi kaya di trimester pertama, tapi ya itu, perut sudah mulai terasa kencang kalau lagi kecapean. Udah gampang pegel-pegel, jadi gak boleh diforsir selama beraktivitas. Maka dari itu, daku yang minggu lalu sampai dengan kemarin ini berasa kerja rodi *secara harfiah*, hari ini memutusken untuk beristirahat di rumah. Sekalian kontrol bulanan yang sebenernya udah telat hampir 2 minggu..hiks.. itu saking gak sempetnya. Bisa karena pas lembur kerjaan jadi udah capek duluan, atau jalanan yang macet amit-amit bikin ilfil mau mampir-mampir. Grrr…

Ihiy!! USG terakhir dedeknya udah keliatan guede ya *padahal yo masih kecil* ๐Ÿ˜† Sebelum ini beratnya baru 90 gram, sekarang udah 270 gram *yay!* Tapi emaknya cuma nambah sekilo doang…huhuu… Perut udah mulai ‘nyetrum’ alias ndut-ndutan. Jalan juga kaga bisa cepet-cepet karena kesian dedeknya di dalem ajrut-ajrutan nanti ๐Ÿ˜†

Satu lagi, makin beser! Makin sering bolak balik pipis, secara udah kaga bisa nahan lama-lama juga ๐Ÿ˜† Apalagi kalo di AC gitu, wihh bawaannya emang pengen ke toilet mulu.. Gimana kalo di bioskop ya? Ya pastinya lebih-lebih! ๐Ÿ˜†

Sekarang makannya juga udah enak banget, kaga ada lagi tu urusan mabok-mabok atau mual. Syukur deh, masa-masa sulit udah lewaaat..hihihi… tapi entah kejutan apa lagi yang ada di depan ya ๐Ÿ˜‰ Btw, kalo dah gak mabok gitu, udah kuat dong ya berlama-lama di mall? *lirik stok celana yang udah mulai menyempit* ๐Ÿ˜†