gangguan tidur

sering merasa ngantuk di siang hari? atau masih ngerasa ngantuk padahal udah tidur 8 jam? atau lesu, males, ngantuk waktu di kantor atau di tempat kerjaan atau di kampus? atau atau atau *atau atau mulu neh!udah ah! mo ngomong apa sih dil?* jawabannya, mungkin anda mengalami gangguan tidur, yang mengakibatkan kualitas tidur anda berkurang, atau bisa dibilang “gw dah tidur cukup kok masih ngerasa lemes n ngantuk n males ya?” “alah, itu mah emang dasar lu nya aja yang pengen nempel kasur mulu…”

eeeh…tapi gangguan tidur ini serius loh.. sebelumnya, gangguan tidur yang tak maksud bukan misalnya garagara keganggu tetangga ribut malemmalem, trus sebelah rumah dangdutan ampe pagi, trus ada tukang ronda mukul2in kentongan cuma di depan rumah loe aja, bukan yang getooo… tapi, gangguan yang datang saat kamu tidur, n berhubungan langsung sama dirimu sendiri, sama badan n pikiranmu…ga da hubungannya ama tetangga depan ato sebelah…itu mah laen lagi urusannya..tetangga brisik, gebukin aja..*hush!*

ni ya, jawab beberapa  pertanyaan di bawah, selesai gak selesai kumpulin di meja *halah* :

1. pernah dibilang gini ma orang lain gak: “eh, lu kalo tidur kok ngorok sih!!ganggu banget dehhh..”

2. ada gak orang lain yang bilang kalo dia ngeliat kamu pas lagi tidur kaya kecekik gitu? *serem bgt bahasanya*

3. Bangun tidur suka ngerasa gak seger? *soalnya blom nyemplung kolem*

4. siang-siang suka ngantuk/capek? *gue bangettt*

5. suka susah konsentrasi?

kalo jawabannya ya, anda dapat 100…*halah opo to* kalo ya, anda mengalami yang namanya gejala gangguan tidur yang disebut dengan OSA *apa pula itu?* Obstructive Sleep Apnea (OSA), boso jowone henti nafas saat tidur, adalah gangguan tidur yang ditandai dengan mendengkur dan rasa kantuk yang berlebihan… serem banget yak, henti nafas saat tidur..bisabisa keterusan berenti gimana?ya olooh…

henti nafas ini yang suka ngebuat kita kebangun-bangun jadinya pas bangun tuh berasa kuraaaaang mulu tidurnya.. aku posting ini gara-gara baca tabloid ibu-ibu punya bu kosku hihihiihikhikhik…disitu ada artiket tentang gangguan tidur hasil wawancara ama dr. Andreas Prasadja,RPSGT.. nah tu, belakangnya singkatan spesialis opo aku lali, bisa disebut juga sleep technologist… ternyata tidur juga ada dokternya yah?? asal jangan pas kontrol dokternya ngelayanin sambil tidur..atau malah ikutan tidur..atau malah tidur bareng…*halah halaaah*
yang pasti, gangguan tidur ternyata gak bisa dianggep remeh juga… selain bisa ganggu rutinitas, apalagi siangsiang udah ngantuk…duhhh…menderita banget dehhh.. masi inget waktu pak presiden SBY marahin pejabatnya yang ketauan ketiduran waktu beliau lagi pidato? nah…gangguan tidur juga tuh kayaknya.. hipersomnia..kantuk berlebih..boso jowone Excessive Daytime Sleepiness (EDS)…garagara itu malah diomelin pak presiden..masih mending diomelin pak guru…hihihikhikhiik..

so…apakah anda merasa waktu tidur anda sudah cukup dan berkualitas?

Advertisements

2 thoughts on “gangguan tidur

  1. hm.. gue banget..
    – ngantuk mulu..
    – suka kebangun malem-malem
    – ngorok si nggak *emg tau??.. hihi..*
    – suka ndak konsentrasi
    – suka makan sundae.. *dah ga nyambung dah*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s